Bagaimana Anda memperoleh penghasilan?

Majalah Forbes mendefinisikan “kaya” sebagai orang dengan penghasilan pertahun lebih dari $ 1 juta dan “miskin” sebagai mereka yang berpenghasilan kurang dari $25.000 per/tahun. Yang lebih penting daripada kuantitas adalah kualitas uang yang Anda peroleh.

Survei Limra usia 65 tahun

Robert Kiyosaki, dalam buku Cashflow Quadrant  menguraikan terdapat 4 cara memperoleh penghasilan, yaitu:

Kuadran E = Employee (karyawan)

Karyawan memperoleh penghasilan dengan memegang jabatan dan bekerja untuk orang lain atau perusahaan.

Kuadran S = Self Employed (pekerja mandiri) atau small business owner (pemilik usaha kecil)

Orang memperoleh penghasilan dengan bekerja untuk diri sendiri baik sebagai  operator tunggal maupun lewat usaha kecil mereka sendiri.

Kuadran B = Business Owner (pemilik usaha)

Orang memperoleh penghasilan dengan memiliki usaha besar (biasanya dengan karyawan ratusan orang).

Kuadran I = Investor

Orang memperoleh penghasilan dari aneka investasi-dengan kata lain, uang menghasilkan lebih banyak uang.

Di kuadran mana Anda berada? Dari kuadran mana Anda menerima besar penghasilan yang menghidupi Anda?

Membangun bisnis  sendiri bukan sekedar berpindah pekerjaan

Memahami berbagai kuadran itu penting. Mungkin Anda sering mendengar keluhan orang tentang pekerjaan, memutuskan pindah dan beberapa lama kemudian masih mengeluhkan hal yang sama. Berbagai keluhan, apapun itu bukan hanya disebabkan terjebak dalam pekerjaan tertentu juga terjebak di salah satu kuadran.

Masalahnya, meski sudah bertekad melakukan perubahan dalam kehidupan dengan membangun bisnis sendiri, yang dilakukan hanyalah berpindah kerja. Padahal yang diperlukan adalah berpindah kuadran.

Melepaskan diri dari struktur kerja yang umum dengan membangun bisnis sendiri menempatkan Anda di posisi terbaik untuk melewati badai perekonomian. Karena Anda yang menentukan penghasilan Anda sendiri.

Di kuadran mana Anda hidup?

Di kuadran mana Anda ingin hidup?

Nilai-nilai Keuangan Anda

Keempat kuadran bukan sekedar empat cara menghasilkan uang. Keempat kuadran tentang pola pikir yang berbeda.

Membangun bisnis sendiri berarti berpindah kuadran dari kuadran E atau S ke kuadran B. Ini tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Anda bukan hanya berganti pekerjaan, kenyataannya mengubah jati diri Anda, setidaknya cara pikir Anda.

Nilai-nilai Kuadran E

“Saya mencari pekerjaan yang aman dan terjamin dengan gaji tinggi serta tunjangan besar”. Nilai intinya Jaminan. Anda boleh saja memiliki posisi tinggi suatu perusahaan dengan gaji tinggi, akan tetapi  Anda memiliki nilai-nilai inti yang sama dengan petugas kebersihan yang gajinya sepersepuluh ganji Anda.

Penghuni kuadran E umumnya memandang membangun bisnis adalah hal yang menakutkan dan penuh resiko.

Nilai-nilai Kuadran S

“Jika ingin pekerjaan beres, kerjakan sendiri”. Nilai intinya kemandirian.  Orang-orang yang biasa ditemui dalam kuadran S adalah para pemilik usaha kecil, bisnis keluarga, spesialis, konsultan. Tenaga penjual berbasis komisi berada di kuadran S. Profesional seperti dokter, pengacara, dan akuntan yang tidak bekerja di firma atau perusahaan juga ada di kuadaran S.

Penghuni kuadran S sering kali tidak bisa bekerja dalam satu tim; bahkan mungkin mempunyai masalah ego. Untuk melompat dari kuadran S ke B yang dibutuhkan adalah lompatan besar bukan kemampuan teknis tetapi kemampuan memimpin.

Nilai-nilai Kuadran B

“Saya mencari orang terbaik untuk menjadi anggota tim Saya”. Nilai intinya adalah membangun kekayaan.  Mereka yang memulai bisnis dari nol  dan membangun bisnis besar di kuadran B biasanya adalah orang dengan tujuan hidup yang kuat, menghargai tim yang hebat dan kerja tim yang efisien serta ingin melayani dan bekerja dengan sebanyak mungkin orang.

Untuk urusan menerima bayaran, orang di kuadran B bisa meninggalkan bisnis mereka. Kebanyakan kasus, jika seseorang di kuadran S berhenti bekerja, penghasilan mereka pun berhenti.

Pertanyaan yang wajib Anda ajukan kepada diri Anda sendiri adalah, “Jika Saya berhenti bekerja hari ini, berapa penghasilan yang terus mengalir? Jika penghasilan Anda berhenti dalam enam bulan kurang, kemungkinan besar Anda penghuni kuadaran E atau S.

Penghuni Kuadran B atau I bisa berhenti bekerja bertahun-tahun dan uang masih tetap mengalir masuk. Cara Memperoleh Penghasilan

Cara Memperoleh Penghasilan

Nilai-nilai kuadran I

“Berapa imbal investasi Saya?”. Nilai intinya adalah kebebasan keuangan. Investor menyukai gagasan uang yang bekerja untuk mereka, bukan sebaliknya.

Ineverstor biasanya berinvestasi pada koin mas, property, bisnis, surat-surat berharga seperti saham, obligasi dan reksa dana.

Sekarang, Anda mungkin sudah mengetahui arah pembicaraan kita. Sederhana saja: Jika ingin kaya, Anda harus segera pindah. Anda tidak butuh pekerjaan baru; yang Anda butuhkan alamat baru.

Jika Anda ingin mengendalikan kehidupan dan nasib Anda, Jika Anda menginginkan kebebasan sejati  – kemerdekaan memilih, mengatur jadwal, menghabiskan waktu Bersama keluarga, melakukan apapun yang Anda ingin lakukan – Jika Anda ingin menjalani kehidupan yang Anda disain sendiri – tidak terkekang; penuh gairah dan penuh semangat – Singkatnya, Anda ingin kaya dan hidup kaya.

Segera Kemasi barang Anda dan Pindah.

Saatnya meninggalkan sisi kiri diagram serta berpindah kuadran B dan I.

Pola Pikir Wirausaha

Definisi wirausaha menurut Robert Kiyosaki: Anda membuat sesuatu terwujud. Anda keluar dari barisan penumpang, melangkah maju dan mengambil kendali atas kehidupan Anda.

Apa yang perlu dilakukan untuk menjadi Wirausaha

Wirausaha adalah orang terkaya di dunia. Kita mengenal nama-nama seperti: Donald Trump, Oprah Winfrey, Steve Jobs, Rupert Murdoch. Sebagian besar wirausaha kaya adalah orang-orang yang Anda dan Saya tidak pernah dengar namanya karena mereka tidak menarik perhatian media; menjalani hidup sebagai orang kaya tanpa banyak bicara.

Uang saja tidak membuat Anda kaya. Angka rekening  di Bank boleh saja bertambah, tapi angka saja tidak membuat Anda kaya jika tidak mengubah cara pikir.

Pikiran itu tanpa batas. Keraguan-lah yang membatasinya.  Anda membuat segala sesuatu terwujud, yang artinya Anda tidak boleh menyalahkan siapa pun atau apa pun  selain diri Anda.

Bukan berarti dalam membangun bisnis  sendiri dimulai dari nol. Salah satu kelebihan bisnis abad ke-21 adalah semua fondasi sudah disiapkan – dan Anda harus mencari pemimpin berpengalaman yang berkomitmen tentang kesuksesan Anda.

Jika Anda tidak memiliki pola pikir wirausaha, sebaik apa pun bisnisnya atau sehebat apa pun guru Anda, Anda akan kesulitan mewujudkan kesuksesan.

Ini tentang Anda…

Share This